Tuesday, November 07, 2006

harga diri sebuah negara. budaya yang dicuri dan warisan yang tak dijaga.

well. gw emang udah lama gk nulis. sebabnya, gw liburan dan ada sodara yang dateng ke K.L. yaa namanya juga ada sodara yang dateng, jadinya jalan-jalan dan gk sempet nulis. hehe. trus, tgl 24 oct 06 kmarenn tuh, gw balik ke medan tercinta buat ngumpul ama kluarga gw tercinta! xD * olredii missed u guys*

okeyh. gini adja. byasanya kan gw nulis tentang diri gw. sekarang, yang gw mau omongin tuh, yang ada di judul. humpph.

_____________________________________________________________________

kalian tahu, bagaimana rasanya hidup di negara orang selama 7 tahun? negara yang tidak jauh dari negara kita sendiri, Indonesia. yes. negara yang sekarang sedang aku tinggali. sebuah negara yang cukup dekat dengan negara kita. sebuah negara yang sering kali membandingkan 'dirinya' dengan negara kita. sebuah negara yang cukup bersih, sudah maju, dan menurutku ini sebuah negara yang cukup sombong. maaf kalau ada yang tersinggung. tapi aku hanya mengatakan yang ada di dalam hatiku.

kalian tahu, selama 7 tahun pula lah aku merasa dihina, dicaci, dan sangat, sangat, sangatlah direndahkan oleh orang-orang yang hidup di negara ini. terutama, warga negara negara tersebut. kalian pasti bertanya-bertanya mengapa aku menulis begini. aku tulis semua ini karena sebab yang sangat kukuh. aku bingung melihat orang-orang negara itu dengan tanpa rasa bersalah SEDIKIT-pun, 'menginjak' negara kita dengan setiap menyebut negara kita 'INDON'. dugh!! serasa hatiku ini dicabik-cabik oleh kuku seekor binatang yang paling tajam di dunia ini!! dalam hati terdalam aku bertanya-tanya, "apakah mereka ini tidak punya rasa hormat sedikit sajaa pada negara tetangganya ini?? sampai-sampai untuk menyebutkan nama negara kita saja mereka menyingkatnya! "

yaa. mungkin untuk sebagian orang Indonesia sendiri panggilan seperti ini untuk menyatakan negaranya gk ada masalah,bahkan dianggap suatu joke. tapi, buat aku, INI MASALAH BESAR. ini menyangkut harga diri sebuah bangsa. sebuah bangsa yang telah diperjuangkan dari serangan penjajah yang menginjak-injak bangsa kita selama berabad-abad!!!! bayangkan, betapa susahnya para pahlawan telah merebut INDONESIA dari tangan-tangan busuk dan kaki-kaki yang menginjak bangsa kita?? mereka mengorbankan nyawa. bertaruhkan nyawa dan harta serta keluarga. berapa ribu manusia telah terkorbankan?! pernah terbayangkan oleh kalian, mereka melakukan segalanya hanya untuk mempertahankan sebuah bangsa dan negara yang mereka sanjung yaitu, INDONESIA. dan sekarang, nama INDONESIA disebut oleh beratus-ratus orang dengan seenak JIDAT-nya!!! hancur. sangat sedih aku. huh, ini sih namanya sama aja dijajah dengan sebuah kata, yaitu 'INDON'!

aku sangat marah pada orang-orang yang berani menyebut negaraku 'INDON'! jangan pernah berani mengatakannya di depanku, atau aku akan melakukan suatu tindakan yang tak dijangka. sudah. sudah cukup sering aku mendengar kata BUSUK itu. dan semakin lama, aku semakin sakit. semakin perih. karena apa? karena hampir seluruh orang menyebut INDONESIA dengan kata INDON!! termasuk orang-orang Indonesia sendiri.

HANCUR aku. HANCUR. SANGAT. tak dapat lagi aku ungkapkan dengan kata-kata. sudah terlalu hancur. PEDIH. untuk orang Indonesia yang baca tulisanku ini, terutama yang menyebut Indonesia dengan kata BUSUK itu, tolonglah, jangan menginjak negaramu sendiri dengan menyebut kata BUSUK itu. kalian seharusnya menyanjung negara kita! bantu Indonesia bangkit! bantu Indonesia untuk maju dan dihargai di mata dunia! bukan tambah menginjak-injak! kalau kalian tetap tidak perduli dan tetap menyebut kata BUSUK itu untuk menyebut negara kita, anggap saja kau itu bagai seorang pengkhianat yang tidak tahu menghargai perjuangan para pahlawan! kalian juga perlu tau, kita masih tetap berjuang untuk bangkit dan dihargai! jadi, sebagai penerus bangsa yang menghargai negara-nya, mari kita bersama-sama berjuang ke arah yang lebih baik!! terutama, JAGA HARGA DIRI BANGSA KITA, jangan biarkan ia diinjak-injak, seperti menginjak sampah!

selama 7 tahun ini pula, bukan hanya itu saja yang membuatku hancur! tetapi, aku juga hancur melihat budaya dan seni kita hampir semuanya 'dicuri'! orang-orang di sini, mengaku-ngaku bahwa songket, batik, sate, kebaya, gado-gado, gasing, alat musik angklung, gamelan, dan hasil seni serta budaya lainnya asli dari sini! terpukul aku mendengarnya. padahal, jelas sekali bahwa segala hal-hal yang telah aku sebut tadi itu berasal dari Indonesia. ASLI Indonesia. kenapa tadi aku sebut 'dicuri'? karena, orang sini itu pintar. satu-satu digembar-gemborkan dari sini. asli sini. dan mereka berusaha untuk memperkenalkan semua itu di mata dunia. okey. aku tahu negara ini lebih banyak uangnya dari Indonesia. sehingga mereka lebih mudah memasarkannya dan mengiklankannya kepada dunia luar! jadi, di mata dunia, ya barang-barang tersebut dari negara ini, asli dari sini. bencinya aku! aku marah. aku sering kali ngomel-ngomel sendiri. aku tak tau pada siapa aku bisa mengungkapkan semuanya, mengumumkan BAHAYA karena budaya dan hasil seni asli negara kita mau dicuri!mau diambil dan diakui asli dari negara ini. kalian tahu, gasing telah dicatatkan oleh mereka di badan internasional sebagai mainan asli dari sini. kita telah kecurian salah satu mainan tradisional negara kita. apalagi yang kalian tunggu wahai para pemerintah??? mana dana-dana yang kalian ambil dari rakyat (pajak)? salurkanlah sedikit untuk mencatatkan di sebuah badan internasional budaya, seni, dan hal-hal lain yang asli dari negara kita! agar seluruh dunia tau itu dari negara kita. agar kita juga tidak kehilangan semua warisan dari nenek moyang kita! tunjukkan kita perduli pada budaya kita! itu sangatlah penting. agar kita, tidak terus-terusan diinjak oleh negara ini, negara lain.

huuh. aku lelah. aku capek. semuanya seperti hal sepele. negara kita terlalu sibuk dengan DEMO! ntahlah. aku juga gk tau lagi harus berkata apa. mudah-mudahan apa yang aku luahkan ini berarti. berarti untuk bangsa yang sangat aku cintai. aku percaya, negara kita bisa lebih maju. karena negara kita itu sebenarnya kaya. dari mulai hasil alam, dan sumber daya manusia. jaga semua hasil alam kita yang belum tersentuh. agar kita gk kehilangan semuanya. jangan hanya bertindak dan ribut apabila sudah ada negara lain ingin mengambilnya. rawat. jaga. pelihara. mulai dari sekarang. semua udah gk bisa ditunda. atau kita hancur.






** untuk yang perduli, tulis comment keyy. thx. xD



____________________
love, peace, respect. i love my country.

8 Comments:

At 7:33 PM, Blogger Anonymous said...

SETUJU!!
but somehow i love and hate indonesia at the same time. kalo aku lagi di malaysia, aku jg BENCI setengah mati kalo indonesia dijelek2in. tapi bgitu aku ada di indonesia, aku juga BENCI ngeliat indonesia yang segitu bobroknya. ya moral, ya kotanya. yang ngga tertib sgala macm. hff..tell u later in my blog ;) pengen crita di blog tapi lagi males. hehehe

 
At 8:25 PM, Blogger Anonymous said...

oh iya lupa. POSTER KAMPANYENYA GIMANAAA? hehe

 
At 1:47 AM, Blogger vana_te3yar said...

haha. iya ntirr. aku benci indonesia djelek2in. dan kalo lagi di indonesia, aku suka sedih..bukan benci. kenapa negara kita tambah lama tambah ancur. bukan tambah bagus. hix. ='(

 
At 7:21 PM, Blogger MewTeeA Siregar said...

hi! salam kenal yaa..! My name's Mutia. SETUJU BANGET!!! gw jg suka sedih ngeliat keadaan Indonesia kyk begini, dan HARTA KITA dirampas/dicuri ama negara tetangga kita itu.. ga tau terima kasih.. kan dulu org2 sono yg dateng ke Indonesia tuk belajar, koq sekarang malah kebalikannya yak?

pokoke' ACI all the way!! Aku Cinta Indonesia.. Gw jg sempet nulis rasa BENCI gw di blog, tp pendek sih.. intinya expressing my hate for that country, pencuri dan menyebalkan!

It's a good news, ternyata bukan hanya gw doang generasi muda yg peduli pada Indonesia kita ini :D Hope we can be friends ;)

HIDUP INDONESIA!!!

http://deepblueseamewteea.blogspot.com/2006/12/happy-new-year-2007.html

 
At 1:50 AM, Blogger D is for Dangerous said...

hey van! ni dessy! xD
dan saya SETUJU. betul betul.
meskipun gue benci indonesia (haha) gue masi rada2 defensif juga klo dijelek2in. tapi ya sbenernya salah org2 indonesia juga sih, mau diinjek2 gitu. kita harus stand up ke mreka, buktiin kita emang lbih bisa. buktiin klo mreka tuh cuma pencuri. haahaa. xD

 
At 5:28 AM, Blogger f a f a said...

van! gue setuju banget sama mreka yg ngaku2 kalo itu culture mreka. jelas2 itu punya indonesia kok!

 
At 12:19 PM, Blogger Dvallen said...

sayang pemerintah kita cupu banget, ga tegas apalagi di bawah pemerintahan sekarang Susah Banget Yah kayanya buat bersikap tegas.

makanya lo semua sebagai generasi muda harus dah siap buat gantiin para orang orang yang udah tua itu.karena cepat atau lambat mereka yang Dzalim bakalan MATI juga

 
At 7:58 PM, Blogger vana_te3yar said...

haha. fafa. dess. tenkkyuu udah berpartisipasi..:D
dvallen sama mewteea iya ya.. pokoknya kita harus bangkit teman2! bangkit indonesia!!

:D

 

Post a Comment

<< Home